Rabu, 19 Februari 2020

ALLAH YANG MAHA MENGETAHUI, LEBIH TAU KAPAN ENGKAU HARUS BAHAGIA


Setiap umat yang masih diberi nikmat menghirup udara di dunia ini pasti ingin merasakan kebahagiaan dalam hidup. Siapa sih yang tidak ingin hidup bahagia? Lalu bagaimana sebenarnya definisi hidup yang bahagia itu? Hidup berkecukupan materi? Hidup menggenggam kekuasaan? Atau hidup dengan penuh kesyukuran?

Namun, selama manusia hidup di dunia, tidak melulu kebahagiaan yang akan dia terima. Allah azza wa jalla pasti akan memberikan ujian bagi hamba-hamba-Nya. Tidak ada satupun manusia yang luput dari ujian dan cobaan. Bahkan Rasulullah, sebagai hamba pilihanpun, hidupnya penuh dengan ujian yang berat.

Lalu, apa yang akan dilakukan ketika kita didera berbagai macam ujian yang datang silih berganti? Akankah menyalahkan Allah, menyalahkan keadaan, atau menyalahkan orang lain? Ketahuilah, tidaklah Allah memberikan ujian adalah karena ingin melihat seberapa besar ketakwaan seorang hamba kepada Allah. Allah telah memberikan jaminan akhir yang bahagia bagi orang-orang yang bertakwa, seperti yang telah tertulis di QS. Al A’raf 128, 
“Musa berkata kepada kaumnya: Mohonlah pertolongan kepada Allah dan bersabarlah; sesungguhnya bumi (ini) kepunyaan Allah; dipusakakan-Nya kepada siapa yang dihendaki-Nya dari hamba-hamba-Nya. Dan kesudahan yang baik adalah bagi orang-orang yang bertakwa.”

Dan yakinlah, bahwa janji Allah itu benar.

Seberat apapun masalah yang diberikan oleh Allah, asal kita bertakwa kepada Allah, pasti akan diberikan jalan keluar oleh-Nya. Dan apabila kita tertimpa suatu masalah, hal pertama yang kita lakukan adalah berdoa. Masalah datang dari Allah, maka mendekatlah kepada Sang Maha Pengabul doa jika ingin keluar dari suatu masalah.

Selanjutnya adalah bersabar. Anggaplah kesabaran dalam menghadapi ujian adalah sebuah tabungan kita, karena orang yang bersabar akan mendapatkan pahala tanpa batas. Seperti yang difirmankan Allah di QS. Az Zumar: 10, 
“Katakanlah: "Hai hamba-hamba-Ku yang beriman. bertakwalah kepada Tuhanmu". Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu adalah luas. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.”

Dan ketika hidup terasa penuh dengan masalah, lakukanlah hal ini, yaitu mendoakan kebaikan bagi saudara-saudara kita sesama muslim. Seperti sabda Rasulullah, 
“Sesungguhnya do’a seorang muslim kepada saudaranya di saat saudaranya tidak mengetahuinya adalah doa’a yang mustajab (terkabulkan). Di sisi orang yang akan mendo’akan saudaranya ini ada malaikat yang bertugas mengaminkan do’anya. Tatkala dia mendo’akan saudaranya dengan kebaikan, malaikat tersebut akan berkata: Amin. Engkau akan mendapatkan semisal dengan saudaramu tadi.” 
(HR. Muslim)

Di setiap ujian dan cobaan pasti ada hikmah yang dapat kita petik. Selalu berhusnuzan kepada Sang Khalik, karena Allah tau yang terbaik untuk hamba-Nya. Sebagai manusia yang beriman dan bertakwa kepada-Nya, sebaiknya kita berdoa, bersabar, bertawakal dalam menghadapi setiap ujian dari Allah azza wa jalla. Ikuti alurnya, nikmati prosesnya, karena Allah Yang Maha Mengetahui, lebih tau kapan kita harus bahagia.


(Dikutip dari kajian khusus muslimah di swalayan Gajah Mada pada tanggal 10 Januari 2020 yang dipandu oleh Ustaz Armedi Raharja , dengan judul yang sama.)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar