Senin, 11 Mei 2020

YUK BIKIN MIE AYAM SENDIRI, ENAK DAN GAMPANG LOH!



Mie ayam plus bakso, beuh ini adalah perpaduan yang nikmat tiada tara, menurut saya sih. Mie dan bakso seakan menjadi dua sejoli sejodoh yang tak bisa dipisahkan. Hihihi. 

Di kotaku, Mojokerto, tak sulit untuk menemukan pedagang mie ayam yang menjajakan dagangannya. Begitu juga di kota-kota lainnya. Karena mie dan bakso masih menjadi menu favorit keluarga. Ya kan? Coba siapa di sini yang tidak suka mie ayam atau bakso? Tuh ga ada kaannn.

Ada satu depot mie ayam di kotaku yang sangat laris dagangannya. Namanya “Mie ayam Gajah Mada”. Tak bisa dipungkiri bahwa rasanya memang pas dan mantul di lidah. Saking enaknya, sampai-sampai terbawa mimpi loh. Iya, ini terjadi pada temanku yang menjadi fans garis keras mie ayam Gajah Mada ini.

Nah, sebagai ibu rumah tangga ya tidak mau rugi, hehe, akupun ingin berkreasi mie ayam sendiri dong. Selain bisa dapat topping ayam banyak, pastinya juga lebih enak, sehat dan higienis.

Oke, penasaran? Yuk ikuti step by stepnya yaaa. Pertama-tama siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Bahan yang dibutuhkan antara lain :

Mie kering merk apa aja, atau pakai mie basah, mie sayur, mie homade juga sah-sah saja (asal bukan miempi, krik krik krik). Rebus mie yang akan digunakan dengan air mendidih. Setelah matang tiriskan. Jika memakai mie basah, cukup dicuci dengan air panas sebentar saja, jangan direbus ya, nanti menjadi terlalu lembek. Sisihkan.

Untuk topping ayamnya, siapkan ayam, mau ayam kampung atau potong, bebas. Seadanya di kang sayur aja yaa. Untuk bumbu topping ayamnya hanya butuh duo bawang, kemiri, merica, saos tiram, dan kecap manis saja.

Cara membuat topping ayamnya juga gampang banget. Pisahkan daging ayam dari kulit dan tulangnya, tetapi jangan dibuang ya karena akan kita gunakan sebagai bahan minyak bawang. Lalu iris kecil-kecil daging ayamnya. Kemudian haluskan seluruh bumbu.

Langkah selanjutnya tumis bumbu halus hingga harum, masukkan irisan ayam, saos tiram, dan kecap manis. Koreksi rasa dengan menambahkan garam dan gula. Jika sudah matang, angkat.

Untuk minyak bawang, membuatnya juga mudah sekali. Siapkan minyak sayur, bawang putih 5-8 butir yang dirajang kasar, dan tulang serta kulit ayam dan. Selanjutnya tumis rajangan bawang putih hingga setengah matang, lalu masukkan juga kulit dan tulang ayam. Tumis dengan api kecil hingga bawang berubah kecoklatan dan kulit ayam sudah kering. Minyak bawang ini fungsinya untuk menambah level kesedapan mie ayam loh. Jadi jangan sampai diskip ya.

Untuk side topping tentu saja harus ada si bakso ya. Bisa bakso homade atau bakso yang siap makan ya. Bisa tambahkan juga sayuran, misalnya sawi atau selada, irisan daun bawang, serta bawang goreng.

Saatnya plating mie ayam. Pertama-tama siapkan mangkuk lalu beri satu setengah sendok minyak bawang beserta bawangnya, campur dengan sedikit merica, garam dan penyedap rasa, aduk-aduk. Selanjutnya masukkan mie ke dalam mangkuk aduk kembali dengan bumbu tadi hingga tercampur rata.

Setelah itu tata isian mie ayam di atas mie, mulai dari bakso, tumisan ayam, sayur, irisan daun bawang, dan bawang goreng. Oh iya, saya termasuk tim mie ayam kering, alias tanpa kuah. Kalau ada penikmat mie ayam yang suka menambahkan kuah, bisa banget. Cukup rebus air, tambahkan penyedap rasa, sedikit garam, dan merica.

Taraaa, mie ayam ala saya sudah jadi. Gampang banget bukan? Dengan porsi mie dan topping yang bisa kita tentukan sendiri, dijamin lebih puas menyantapnya. Hyuk, silahkan yang mau mempraktekkannya. Bisa dijadikan menu berbuka puasa juga loh, biar tidak bosan. Hehehe. Selamat mencoba!

 

 

10 komentar:

  1. Mie ayam emang maknyus ya.. Jadi gak sabar nunggu buka hehe

    BalasHapus
  2. Mbaaaa perutku auto keroncongan loh jam segini hiksss

    BalasHapus
  3. Ya Allah ngiler lho mbaaak, aku pecinta mie ayam, jd inget udh lama gak makan mie ayam semenjak dirumahaja hehehe :0 boleh juga nih nyobain bikin sendiri :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hyuk bikin ndiri mba Atiqoh, biar hemat juga hahaha

      Hapus
  4. nah sekalian mbak cara buat bakso yang besarnya sebaskom

    BalasHapus
    Balasan
    1. huwadung bang Zen, kalo bakso segede baskom ntr makannya piye hahaha

      Hapus