Senin, 21 Oktober 2019

Ayam Laos


Ayam ungkep dengan parutan laos muda sebagai serundeng
Tidak ada yang bisa menolak masakan olahan berbahan dasar ayam. Kedua anakku menjadikan lauk ayam sebagai favoritnya, karena dagingnya yang gurih dan empuk membuat sebagian besar orang menyukainya.Mau dimasak ayam goreng, ayam kecap, ayam lemon madu, selalu habis tak bersisa.

Aroma sedapdari dapur seketika menyeruak ke seluruh penjuru ruangan rumah berukuran 8 x 10 meter. Ya, aku baru saja memasak ayam dengan bumbu ungkep. Ayam ungkep kali ini spesial. Selain pemakaian bumbu khas yang kaya rempah, kali ini ditambah dengan penggunaan parutan laos atau lengkuas muda yang melimpah. Jadilah ayam ungkep ini bernama ayam lengkuas.

Bumbu-bumbu yang harus dipersiapkan agak banyak memang, tapi kesemuanya adalah bumbu dasar yang sebagian besar ada di dapur para ibu pecinta masak memasak. Dan sebaiknya menggunakan ayam kampung sebagai bahan utamanya, agar lebih nikmat disantapnya. Bahan-bahan untuk membuat ayam laos adalah :
Bahan utama:
1 ekor ayam kampung
2-3 batang lengkuas pilih yang muda

Bumbu yang dihaluskan:
8 siung bawang merah
4 siung bawang putih
2 ruas kunyit
2 ruas jahe
3 buah kemiri
1 sendok teh ketumbar bubuk
1 sendok teh merica
gula
garam

Rempah penambah aroma:
1 batang kayu manis
2 lembar daun jeruk
1 lembar daun salam
1 batang serai

air secukupnya asal ayam bisa terendam

Nah, kalau semua bahan telah siap, selanjutnya adalah cara mengolahnya. Cuci bersih ayam, lalu haluskan bumbu halus dengan menggunakan blender atau dengan menguleknya. Jangan lupa untuk memarut lengkuas muda yang telah disiapkan, lebih banyak lebih enak loh. Masak air hingga mendidih, kemudian masukkan ayam kampung. Tunggu sebentar hingga ayam setengah matang, selanjutnya masukkan bumbu halus, rempah-rempah dan lengkuas muda. Tutup panci agar proses pengungkepan lebih maksimal dan ayam lebih cepat empuk. Koreksi rasanya, tambahkan gula atau garam sesuai dengan selera. Jika air sudah mulai menyusut dan daging ayam sudah terasa empuk, matikan api kompor. Keluarkan ayam kampung hasil ungkepan, saring bumbu dengan parutan laos yang melimpah tadi.

Olahan ayam belum berhenti di sini ya ibu-ibu. Ayam ini harus digoreng dahulu sebelum disajikan. Sesuai dengan namanya, ayam lengkuas, bumbu yang telah disaring tadi jangan dibuang karena bumbu tersebut akan digoreng juga dan dijadikan sebagai taburan si ayam.

Goreng ayam hingga coklat keemasan lalu angkat. Selanjutnya goreng juga bumbu ungkep yang telah disaring sampai matang, jangan sampai gosong ya. Pakailah minyak agak banyak agar matangnya merata. Begitu keduanya telah matang, taburi ayam goreng dengan bumbu parutas laos. Dan, this is it, ayam goreng lengkuas. (Sudah macam Farah Quinn kan).

Hidangkan dengan nasi hangat dan lebih mantap lagi jika ditemani dengan lalapan plus sambal terasi atau sambal tomat sebagai cocolannya. Bagaimana, apakah air liur sudah mulai terbit di ujung bibir? Jika iya, silahkan mencobanya esok hari.

20 komentar:

  1. Wah, faborfa suami nih. Tapi selalu beli jadi. Aku gak mahir masak, mentok bikin sayur bening, dan segala macam tumisan. Ah, makasih resepnya Mbak, bisa jadi referensi meski gak tahu kapan ekseskusi. πŸ˜„

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ibu Kiya, ndang dicoba yak, dijamin nak kanak telap telep makannya

      Hapus
  2. Simpen dulu... Nyelesain tantangan baru eksekusi.. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ashiaaappp..tantangannya bikin nangis bombay 😒

      Hapus
  3. Kayaknya aku milih pesen di Mbak Prajna ada deh, kayaknya kok ruwet masaknya, #emakmalas :D

    BalasHapus
  4. Aku tuh dulu ngira ayam Laos tu ayam dari negara Laos sana wkwkwkw ternyata ayam bumbu Laos 😌😌

    BalasHapus
  5. Mbak eeeee laperrrr tangung jawab ya weheee

    BalasHapus
  6. KesukaanπŸ˜‰ makannya smaa nasi panas2 gitu ya Mak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Endulita mak, gagal diet pasti 😌😌

      Hapus
  7. Duhh jadi pengen makannn 🀀🀀

    BalasHapus
  8. Ayaaam, maknyus banget. Sayang anakku alergi ayam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lowalaaahhh..emannya, ayam mah diapa2in tetep enak ya bun

      Hapus
  9. Kalau di tempat suami ini namanya Ayam Burus mba..aku suka juga ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wohhh..baru tau mba, burus artinya laos mgkin ya mba Sari

      Hapus