Sabtu, 14 Desember 2019

BERKREASI BERSAMA PIZZA MAKER JUNIOR


Hal yang dapat membuat orang tua menjadi bangga dan bahagia salah satunya adalah menlihat buah hati mereka tumbuh menjadi anak-anak yang cerdas dan kreatif. Itulah sebabnya di masa-masa golden age, orang tua dianjurkan untuk menstimulasi daya kreativitas anak-anaknya dengan mengajak mereka bermain sepuasnya. Dengan membebaskan mereka bermain sesuka hati diharapkan anak-anak dapat mengasah syaraf-syaraf sensorik, motorik, serta kreativitas mereka.

Kembali ke saat si sulungku berada di kelas TK A, kami para orang tua iseng-iseng merencanakan kegiatan untuk anak-anak kami. Salah satu ibu dari teman si sulung mengutarakan idenya untuk mengajak anak-anak bermain sambil belajar membuat pizza. Loh, memang ada kegiatan semacam itu ya?, pikirku yang belum paham. Ternyata ada, yaitu di restoran pizza paling laris di Indonesia yang gerainya sudah menjamur dimana-mana. Apalagi jika bukan restoran Pizza Hut.

Ya, Pizza Hut ternyata memiliki agenda kegiatan bernama Pizza Maker Junior yang diperuntukkan bagi anak-anak berusia 5-12 tahun yang ingin tau bagaimana cara membuat pizza sendiri sebelum pizza disajikan di atas meja. Tentu saja mereka takkan melakukannya sendiri, karena akan ada kakak-kakak yang mendampingi anak-anak selama berada di dapur restoran. Harga yang ditawarkan untuk mengikuti kegiatan Pizza Maker Junior ini cukup murah. Per anak akan ditarik biaya Rp 42.000,00.

Hari yag ditetapkan pun tiba. Kami, para ibu melakukan janji temu di lokasi yaitu di restoran Pizza Hut sore hari sekitar pukul 14.00. Suara riuh rendah anak-anak langsung disambut ramah oleh kakak-kakak pramusaji. Seperti pada umumnya anak-anak ketika bertemu dengan teman-temannya, mereka langsung berbaur, bermain, dan bersenda gurau. Tak butuh waktu lama bagi anak-anak untuk menunggu, karena selang beberapa saat mereka dipanggil dan disuruh berbaris rapi sebelum memasuki area dapur restoran.

Namun sayang, kami para ibu tidak dapat mengikuti kegiatan tersebut. Hanya 1 orang ibu saja yang dapat mendampingi untuk mengabadikan momen anak-anak berkreasi. Sembari menunggu anak-anak berkegiatan, para ibu dapat bersantai sejenak di dalam restoran sambil ngobrol ngalor-ngidul, dan tentu saja berselfie ria. Cukup lama juga menunggu mereka selesai membuat pizzanya.  

Dari foto-foto yang dibagikan oleh salah satu ibu wali murid, kegiatan membuat pizza diawali dengan mecuci tangan, dilanjutkan dengan memasang sarung tangan plastik secara mandiri. Setalah tangan mereka higienis, mereka diberi dough pizza yang siap untuk diberi topping, tetapi  mula-mula mereka diajari terlebih dahulu oleh kakak juru masak. Mereka diperkenalkan aneka macam topping yang dapat diisikan ke atas pizza. Setelah itu barulah mereka mulai menata topping dan dilanjutkan dengan memberi aneka saos. Satu per satu anak-anak menyelesaikannya. Dan pizza pun siap dipanggang.


Kurang lebih 45 menit kemudian, anak-anak telah selesai melakukan kegiatan membuat pizza. Senyum bahagia dari keduabelas anak peserta kegiatan ini otomatis muncul di wajah mereka. Kembali mereka bersenda gurau sambil menunggu pizza hasil kreativitas mereka matang. Dan, akhirnya pizza hasil karya anak-anakpun telah matang. Dengan penuh kegembiraan, mereka menerima pizza hasil kreasinya. Sayang, pizza kreasi sulungku tak sempat kuabadikan, karena sudah dia nikmati di  perjalanan pulang.

Soal rasa, tetap sama seperti rasa Pizza Hut, yang membedakan hanyalah kerapian dalam menyusun topping pizza. Namanya juga anak-anak, menatanya masih asal. Namun bukan itu yang dinilai, tetapi lebih kepada keberanian mereka untuk mencoba dan belajar hal-hal baru. Belajar untuk berkreasi dalam memberikan topping, belajar untuk mandiri, dan belajar untuk mencintai kebersihan.

Dari kegiatan Pizza Maker Junior, anak-anak mendapatkan sertifikat yang menunjukkan bahwa mereka telah mengikuti acara ini, sekotak pizza ukuran personal, serta merchandise Pizza Hut. Acarapun berakhir, anak senang ibu pun bahagia. Melihat mereka bertumbuh menjadi anak-anak yang kreatif dan rasa ingin tau yang tinggi, rasanya tak sabar untuk melihat kesuksesan mereka di masa depan. Allahumma amin. 



2 komentar:

  1. Wah, mupeng nih kalau ada kegiatan macam gini di sini 🙈

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi..iya mba Kiky, anak2 seneng bgt bs bikin pizza

      Hapus