Sabtu, 30 November 2019

BTS : FROM ZERO TO HERO


Siapa penggemar Kpop yang tak mengenal BTS. Bangtan Sonyeondan, atau Bangtan Boys, atau akrabnya dikenal sebagai BTS adalah boygrup dari Korea Selatan yang terdiri dari sekumpulan anak muda berjumlah 7 orang. BTS merupakan boygrup di bawah naungan BigHit Entertainment yang didirikan oleh Hitman Bang (Bang Shi Hyuk). Melalui tangan dinginnyalah, Kim Nam Joon (RM), Kim Seokjin (Jin), Min Yoongi (Suga), Jung Hoseok (J.Hope), Park Jimin, Kim Taehyung (V), Jeon Jungkook, bisa debut dan menjadi salah satu idol group Korea  paling sukses di negeri ginseng maupun di dunia.

Perjalanan karir bermusik BTS bukanlah perjalanan yang  gampang. Di tahun 2013 yang menjadi awal debut BTS, banyak yang memandang sebelah mata kemunculan mereka. Tak jarang mereka menuai kritik dan cibiran dari musisi lainnya. Namun BTS tidak goyah, mereka tetap bekerja keras dan mencoba membuktikan kalau mereka adalah idol group yang patut diperhitungkan karya-karyanya.

Para ARMY garis keras pasti mengetahui bagaimana jatuh bangun dan perjuangan yang harus ditempuh BTS untuk dapat berada di posisi seperti saat ini. ARMY, merupakan fandom BTS. Salah satu yang berjasa atas keberhasilan BTS tak lain dan tak bukan adalah para ARMY ini. Tak hanya dari Korea Selatan saja loh, para fans BTS ini juga berasal dari negara-negara lain.

Tak heran jika BTS memiliki fans dari seluruh belahan dunia, karena lagu-lagu mereka yang bertemakan isu-isu yang sedang berkembang di masyarakat, seperti isu bullying, isu kesehatan mental, ajakan untuk tak mudah putus asa, dan ajakan untuk selalu bekerja keras dalam menggapai mimpi-mimpi. Dan lagi-lagi, ARMY adalah sumber inspirasi BTS. Itulah mengapa BTS selalu berterimakasih kepada fandom mereka di setiap raihan penghargaan yang dicapainya.

Di tahun 2018 BTS bahkan diberi kesempatan untuk berpidato di markas besar PBB di New York. RM sebagai leader BTS, menyampaikan pidato yang berisikan pesan kepada  anak muda di dunia untuk membangun kepercayaan bahwa cinta sejati adalah dimulai dari  mencintai  diri sendiri. Inilah yang membuat lagu-lagu BTS menginspirasi anak-anak muda di seluruh penjuru dunia. Di tahun yang sama pula, BTS menjadi foto sampul majalah TIME di Amerika Serikat.

“Mungkin saya membuat kesalah kemarin, tapi kemarin, saya tetaplah saya. Hari ini, saya dan dengan segala kesalahan saya. Besok, saya mungkin sedikit lebih bijaksana dan itu akan tetap menjadi saya juga. Kesalahan-kesalahan saya adalah diri saya sendiri yang membuat bintang-bintang paling terang hidup dalam diri saya. Saya telah mencintai diri saya sendiri, untuk siapa saya, dan untuk orang yang ingin menjadi saya.”
(Salah satu petikanpidato RM-BTS di markas PBB New York)


Prestasi BTS memang sangat luar biasa. Lagu-lagu mereka juga selalu menduduki top chart tangga lagu di negeri ginseng. Bahkan beberapa lagu mereka juga menduduki tangga lagu Billboard, seperti lagu “Boy With Luv”, “Fake Love”, dan yang teranyar adalah lagu “Make It Right”.

Sebenarnya aku bukan ARMY garis keras, aku hanya kagum atas capaian yang diraih BTS. Membaca cerita perjalanan karir mereka membuatku takjub. Istilah hasil takkan menghianati usaha, benar-benar mereka buktikan. Meskipun Korea memang terkenal sebagai negara beretos kerja tinggi, tak sedikit juga artis-artis mereka yang melakukan bunuh diri karena suatu kegagalan atau karena tekanan kerja yang tinggi.

Malam ini, aku iseng melihat live streaming Melon Music Award 2019, salah satu ajang penghargaan musik bergengsi di Korea. Penampilan BTS-lah yang aku tunggu-tunggu. Tak ayal lagi, penampilan mereka selalu terlihat eksklusif. Bak melihat konser solo BTS, mereka tampil all out dengan tata lampu, koreografi, penari pendukung, serta wardrobe yang keren. Lagu-lagu yang ditampilkan antara lain Persona, Boy In Luv, Boy With Luv, dan Dionysus. Satu kata untuk penampilan BTS malam ini, kolosal.


Dan seperti tahun-tahun sebelumnya, BTS berhasil memboyong beberapa pengahargaan di MMA 2019. Piala daesang  ‘Song Of The Year’ (Boy With Luv feat Halsey), ‘Artist Of The Year’, 'Record of The Year' serta  ‘Album Of The Year’ berhasil mereka raih kembali dari album terbarunya "Map of The Soul: Persona" Daebak oppa-oppa. ARMY pasti bangga kepada kalian.


Aku yakin BTS masih akan menghadirkan lagu-lagu yang lebih mantul lagi di tahun-tahun berikutnya. Tetaplah memberi energi positif melalui karya-karya kalian kepada seluruh fans di seluruh dunia ya, BTS. Saranghaeyo and hwaiting!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar