Selasa, 10 September 2019

BERKULINER RIA DI KOTA MOJOKERTO


Odopers pecinta kuliner mana tunjuk tangannya? Yayaya, aku bisa tahu pasti banyak sekali yang tunjuk tangan, hihihi. Baik, kali ini aku mau membagikan macam-macam kuliner yang wajib dicicipi kalau teman-teman odopers kebetulan berkunjung ke kota asalku, Mojokerto. Mojokerto tidak hanya terkenal karena Kerajaan Majapahitnya saja loh ya. Kuliner di kotaku ini juga bervariasi dan tak kalah sedap untuk dicoba.

Diluar kuliner kekinian yang makin menjamur, aku masih menyukai masakan-masakan berselera Nusantara. Mengapa? Karena aku anggap cita rasanya yang everlasting, alias tak lekang oleh waktu. Di Mojokerto ini juga banyak sekali warung/depot makan bercita rasa Nusantara yang rasanya nikmat sekali.

Sudah tidak sabar kan? Hyuk aku mulai membaginya ya.
1.        Soto Ayam Pak Djarkawi
Berlokasi di Jl. Mojopahit, tepatnya di depan Rumah Sakit Rekso Waluyo. Buka di pagi hari dan sore hari. Soto ayam ini menurutku yang paling enak seantero kota. Rasanya gurih, sedap, dengan suwiran ayam yang cukup banyak. Seporsi soto ayam ini juga cukup banyak bagi ukuranku yang lagi diet ini. Hahaha. Tapi percayalah, cita rasa soto ayam Pak Djarkawi ini memang ngangenin. Tak kaget kalau agak siang sedikit saja ke depotnya, hanya tulisan “Tutup” yang terpampang.  Jadi kalau mau mencoba sarapan yang berkuah segar, cobalah soto ayam ini.

2.        Soto Dok Pak Saolan
Dari berbagai macam soto daging yang pernah aku cicipi, soto daging Pak Saolan yg terletak di Jl. Raya Kedungsari Kec. Dlanggu ini salah satu soto daging yang juara di lidahku. Soto dagingnya berkuah bening, bumbunya tidak medok sekali tapi entah mengapa terasa nikmat. Banyak juga pilihan lauk pendampingnya, dari mulai daging empal sampai berbagai macam jerohan sapi. Jadi, tinggal pilih mau makan soto dengan lauk favorit kita. Dan jangan kaget kalau mendengar bunyi  “dok” ya, karena ini merupakan ritual penjualnya memukul botol kecap sebelum soto disajukin.

3.        Ayam Goreng Ameriki Mawon
Terletak di dekat Pabrik Ajinomoto di daerah Mlirip, ayam goreng ini adalah favoritku. Dari mulai ayam goreng, bebek goreng, nasi sampai sambalnya tidak ada yang mengecewakan. Ayam gorengnya  yang empuk dan sangat gurih terasa sampai ke daging dalamnya. Daaannn, sambalnya ini yang selalu membuat ingin menambah nasi sampai 2 porsi (gagal sudah program diet). Warung ini sudah berdiri lama sekali, seingatku ketika aku masi di bangku SD, warung ini sudah berdiri. Jadi wajib dicoba ya.

4.        Lontong Kikil Ngabar
Lontong kikil ini terletak di Desa Ngabar, agak jauh memang dari pusat kota, jadi perlu usaha dengan membuka maps kalau ingin mengunjungi warung ini. Tidak hanya kikil, mereka juga menjual bakso + kikil. Nah looooh, perpaduan yang enak banget kan. Kikilnya empuk, baksonya enak, kuahnya kental, dan cita rasa bumbunya yang berempah sekali. Bagi pecinta bakso kikil saya persilahkan mampir ke warung ini ya.

5.        Sate Kambing Hj. Ulfah
Kebetulan depot sate kambing ini milik temanku SMA. Terletak di Desa Tangunan, depot ini sudah legendaris sejak dahulu kala. Selain sate kambing , depot ini juga menyajikan beberapa olahan kambing. Ada gule kambing sebagai pendamping satenya dan tongseng kambing yang menurutku rasanya juga juara karena rempah-rempahnya yang terasa sekali. Penasaran dengan rasanya? Silahkan berkunjung ke depot ini ya.

6.        Sop Buntut Depot Anda
Setiap pengunjung dari luar kota yang berkunjung ke Mojokerto pasti tahu depot ini. Karena depot ini terkenal sekali di kotaku. Berada di pusat kota, tepat bersebelahan dengan stasiun kota membuat depot ini mudah ditemukan. Yang menjadi favorit depot ini apalagi jika bukan sop buntutnya yang sudah melegenda. Soal rasa, tidak usah diragukan lagi, segar dan enak. Beberapa menu pilihan lainnya juga tidak kalah enak, ada rawon iga, nasi campur, kare ayam, dan lain-lainnya. Namun harus merogoh kocek lebih jika mau mencoba makanan disini, karena harganya yang sedikit pricey. Hehehe. Tapi tenang, harga tidak menghianati rasanya kok.


Sebenarnya masih banyak sekali tempat makan yang rasanya menggugah selera yang ingin kubagikan. Namun untuk sementara cukup 6 tempat tersebut. Karena aku takut teman-teman odopers semakin lapar dan tidak tahan untuk mencicipinya. Hihihi.

Dari sini apakah sudah  membuat teman-teman odopers ingin berkunjung ke kotaku, Mojokerto? Jika jawabannya iya, segeralah berkemas dan meluncur kesini. Namun, apapun makanan yang kita makan, paling nikmat jika disantap bersama keluarga tercinta. Dan jangan lupa untuk selalu bersyukur atas makanan yang telah disajikan di atas meja makan oleh ibu atau istri kita ya teman-teman odopku. Salam kuliner.

#ODOPbatch7
#Komunitas_odop
#onedayonepost


4 komentar:

  1. Bintangin biar kalo ke Mojokerto ngga bingung nyari lagii hihi. Terimakasih mba infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bhaique kakak...kabari aq lah kalo dolan kesini 😄

      Hapus
  2. Asik, banyak kuliner meenarik nih. Bisa jadi pilihan kalau suatu hari nanti napak tilas ke sitis trowulan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo mba naila..oia, d daerah trowulan jg ada nasi sambel wader endeus jugak..
      Bikin huh hah 😁😁

      Hapus