Jumat, 27 September 2019

SEBUAH KISAH TENTANG GIZI SEIMBANG

Makanan Gizi Seimbang
(sumber gambar : 
klik di sini)


Di suatu pagi yang cerah, tampaknya telah terjadi suatu perdebatan. Perdebatan yang seru untuk menentukan siapa yang lebih unggul antara satu dengan lainnya. Perdebatan yang terjadi antar beberapa kubu.
Kubu karbo yang terdiri dari Oryza, Patata, dan Tela. Kubu prohena yang terdiri dari Fishy, Nutty, dan Eggy. Kubu fruti-vegie yang terdiri dari Berry, Mago, dan Kalea. Mereka tampak saling menyombongkan manfaat mereka bagi tubuh manusia.

“Karbo yang paling penting.” Kata Oryza. “Iya, tim karbo adalah bahan makanan utama bagi manusia. Tanpa karbo, manusia tidak akan kuat menghadapi kegiatan mereka sepanjang hari. Manusia butuh energi dan kami bisa memenuhinya” Lanjut Patata. “Hidup tim karbo.” Seru Tela.

“Ahhh, tanpa prohena, manusia tidak bisa tumbuh dan berkembang, karena fungsi kami sangat diperlukan untuk proses pembentukan tulang, otot, tulang rawan, kulit, dan darah.” Kata Nutty tidak mau kalah.“Kalau manusia ingin tetap sehat, harus banyak-banyak makan prohena. Karena kita akan membentuk antibodi sebagai sistem kekebalan tubuh manusia.” Terang Fishy bersemangat. “Kita sangat diperlukan bagi anak-anak dalam masa pertumbuhan. Benar kan teman-teman?” Lanjut Eggy meyakinkan. “Iya benar” Jawab Nutty dan Fishy bersamaan.

“Hai karbo dan prohena, kami dari tim fruti-vegie juga bermanfaat bagi tubuh manusia tau!” seru Mago tidak mau kalah. “Kami ini kaya akan serat dan vitamin. Kami dapat menunjang metabolisme tubuh manusia agar selalu sehat setiap hari.” Lanjut Berry dengan riang gembira. “Vitamin yang kami bawa amat baik untuk mata, kulit, jantung, bahkan otak. Hebat kan kami.” Kata Kalea berbinar-binar. “Tidakkah kalian lihat, kami berwarna-warni seperti pelangi. Ada merah, hijau, jingga. Cantik sekali.” Kalea menambahkan dengan senyum indah merekah.

“Pokoknya, tim Karbo yang paling penting.” Seru Patata gembul dengan lantang.
“Hohoho. Tidak bisa, tim kami, Prohena yang paling dibutuhkan.” Jawab Eggy yang berbentuk oval lucu sambil tertawa.
“Fruti-vegie dong, sudah cantik-cantik, kaya manfaat pula. Kurang apa lagi kami.” Sahut  Berry yang imut dengan suaranya yang merdu.
“Karbo.”
“Prohena.”
“Fruti-vegie.”

Mereka saling bersahut-sahutan, karena masing-masing tim merasa yang terhebat dan memiliki manfaat yang lebih baik bagi tubuh manusia. Hingga tiba-tiba, muncullah gadis cilik manis berambut ikal  mencoba melerai kegaduhan dan menjadi penengah mereka. Reva, nama gadis cilik bermata bulat itu.

“Berhenti berdebat teman-temanku. Taukah kalian, aku sungguh menyukai kalian semuanya tanpa membeda-bedakan dari mana tim kalian datang.” Seru Reva dengan tatapan mata sendu.”Tanpa karbohidrat aku akan lemah tak bertenaga. Tanpa asupan protein nabati ataupun hewani, aku akan mudah dijangkiti penyakit. Dan tanpa  buah sayur aku tidak akan tumbuh menjadi anak yang sehat dan kuat.” Lanjut Reva menjelaskan.

“Kalian semua sangat berguna bagi kami manusia. Tubuh kami membutuhkan segala macam nutrisi yang bisa didapatkan dari kalian semua. Jadi, jangan bertengkar lagi ya.” Bujuk Reva. Dan siap yang bisa menolak ajakan dari gadis kecil semanis Reva.

“Benarkah demikian Reva?” tanya Oryza yang paling kecil diantara teman satu timnya. “Tentu saja, Oryza.” Jawab Reva meyakinkan. “Ayo teman-teman berkumpullah di dekatku.” Dan tanpa banyak tanya, mereka semua berkumpul di dekat Reva. “Jadi, mulai sekarang kalian jangan bertengkar lagi ya. Ingatlah, bahwa kalian semua bermanfaat. Oke.” Kata Reva sambil memeluk mereka semua.

Jadi anak-anakku di seluruh penjuru negeri. Makanlah makanan yang bergizi seimbang agar tubuh kita menjadi sehat dan kuat. Dengan memakan makanan bergizi seimbang, kalian akan tumbuh menjadi anak-anak Indonesia yang cerdas dan menjadi generasi penerus bangsa yang hebat.

2 komentar: