Kamis, 26 September 2019

REVIEW BUKU: TERTAWA CERIA BERSAMA KOMIK “HAI, MIIKO!” VOLUME 31

Komik "Hai, Miiko" volume 31 edisi khusus.

Sesuai dengan tantangan minggu ke tiga  kelas menulis One Day One Post yaitu menulis review buku fiksi, kali ini aku akan mereview sebuah komik. Karena malas padatnya kegiatanku di dunia nyata, maka sengaja aku pilih mereview bacaan yang ringan-ringan saja. Namun jangan khawatir, komik yang satu ini dijamin akan membuat pembacanya tertawa bahagia. Dan komik tersebut berjudul ”Hai, Miiko!” volume 31.

Adakah Odopers yang juga penikmat komik “Hai, Miiko!”? Aku yakin pasti ada, karena aku tau aku tidak sendiri. Hehehe. Pertama kali mengenal komik ini adalah karena teman kosku adalah penggemar setianya. Setumpuk koleksi komik “Hai, Miiko!” bertenggar manis di mejanya bersama koleksi manga “Salad Days” dan “Death Note”. Awalnya aku hanya iseng saja membaca “Hai, Miiko!” volume 1, hanya untuk mengisi waktu luangku. Namun siapa sangka aku ketagihan juga. Hihihi.

Penantian panjang selama setahun berbanding terbalik dengan kecepatan membacanya. Ya, komik karangan wanita berkebangsaan Jepang, Eriko Ono, hanya terbit setahun sekali. Dan setiap awal tahun, komik ini menjadi buku yang paling aku cari kemunculannya.

Entah mengapa komik “Hai, Miiko!” hanya terbit setahun sekali. Apakah karena strategi market, atau karena sang pengarang ingin memberikan cerita yang terbaik dan berkesan kepada para penggemarnya. Apapun alasannya, komik ini adalah salah satu yang masuk ke dalam wishlistku tiap tahunnya.

Baik, tidak perlu berlama-lama, mari aku mulai mengulas komik “Hai, Miiko” volume 31 edisi khusus.


Identitas Buku

Judul Komik      : “Hai, Miiko!” volume 31 Edisi Khusus
Pengarang        : Eriko Ono
Penerbit           : PT. Gramedia Pustaka Utama – M&C!
Alih Bahas        : Dian Indrinuswati
Tahun Terbit     : 2019
Kategori           : Komik
Tebal Buk         : 192 lembar
Ukuran Buku      : 11 x 17 cm
ISBN                : 9786024802462
Berat buku        : 150 gram
Jenis cover        : Soft Cover
Harga Buku       : Rp 60.000,00   

Sinopsis Buku

Komik “Hai, Miiko” volume 31 masih menceritakan tentang kehidupan seorang anak  SD di Jepang bernama Miiko Yamada. Di edisi kali ini Miiko masih diceritakan duduk di bangku kelas 6 di SD Suginoki. Miiko menjalani hari-harinya yang penuh dengan keceriaan dan keseruan bersama teman-temannya yaitu Mari, Yukko, Tappei, Kenta, dan Yoshida.

Karakter Miiko digambarkan sebagai gadis yang manis, polos, penuh semangat, dan ceria. Miiko tinggal di apartemen bersama kedua orang tuanya dan dua adiknya, Mamoru dan Momo. Love-hate relationship yang tercipta antara Miiko dan adik lelaki satu-satunya, Mamoru, menambah warna pada komik ini. Meskipun bertengkar hampir setiap hari, mereka tetap saling menyayangi.

Di volume 31 kali ini, komik “Hai, Miiko!" menyuguhkan sepuluh cerita. Yang paling menarik tentu saja cerita tentang kisah kasih malu-malu kucing antara Miiko dan Tappei Eguchi. Dibalik kesan cuek yang ditunjukkan Tappei kepada Miiko, sebenarnya ada rasa suka yang terpendam. Begitupun sebaliknya, Miiko secara tidak sadar juga menyukai Tappei. Cerita mereka berdua selalu bikin gemas dan geregetan dengan cara yang lucu. Seperti yang ditampilkan penulis pada cerita  “Upacara Pernikahan Impian” dan “Siapa yang Kau Sukai”. Ahh, so sweet, senyum di bibir akan terbit ketika membaca cerita mereka berdua.


Daftar isi cerita di "Hai,Miiko!" vol. 31.

Secara keseluruhan komik ini bergenre komedi. Kelucuan dan keseruan khas anak SD diceritakan dalam cerita yang berbeda-beda. Ada cerita tentang bagaimana Mari, sahabat Miiko yang terobsesi menjadi penulis manga. Kisah cinta antara Kenta dan Yukko. Cerita keluarga Miiko yang selalu heboh dan selalu diakhiri dengan penuh kehangatan. Semuanya dikemas dalam cerita yang ringan tetapi berkesan.  

Bagi mereka yang membeli edisi khusus komik ini, akan mendapatkan bonus merchandise lucu dari Miiko berupa pouch  berbahan kain belacu yang belakangan baru aku ketahui kalau bonus tersebut adalah semacam tempat pensil.

Kelemahan

Di mataku, satu-satunya  kelemahan komik ini adalah, mengapa dia hanya terbit setahun sekali. Rasanya ingin mendatangi bu Eriko Ono dan meminta beliau agar komik ini terbit setiap bulan. Lalu bu Ono berkata "Wani piro?".

Ah, mungkin satu lagi, tidak diberi nomor halaman, padahal di daftar isinya terdapat nomor halaman. Mungkin saja terlewat ya, atau memang disengaja, aku juga tak tau.

Meskipun komik ini bercerita tentang keseharian anak kelas 6 SD, tetapi alangkah baiknya komik ini dibaca oleh anak-anak yang sudah berusia +15 tahun. Karena ada beberapa cerita di komik ini yang tidak sesuai dengan cerita untuk usia anak SD. Dan tolong, jangan ditiru adegan pacarannya ya anak-anak. Please!

Kelebihan

Dari mulai cover komiknya sampai dengan isinya, aku suka semuanya. Cover yang berwarna kuning cerah seperti ingin mewakili karakter Miiko yang selalu ceria dan enerjik. 

Kesepuluh cerita pada komik "Hai, Miiko!" vol. 31 tidak ada yang mengecewakan. Tak hanya tawa, rasa haru juga disuguhkan dalam komiknya. Selalu ada pesan moral yang terselip di setiap ceritanya. Tentang indahnya sebuah persahabatan, tentang arti penting keluarga, dan tentang bahagianya menjalani kehidupan sebagai anak SD.

Yang tak kalah menarik adalah cerita interaksi antara bu Eriko Ono dengan penggemarnya. Bu Ono menyelipkan semacam QnA hampir di setiap akhir cerita Miiko. Sepertinya bu Ono ingin membangun kedekatan dengan penggemar setia Miiko yang berasal dari beberapa negara (termasuk Indonesia loh). 

Dan demikianlah review komik "Hai, Miiko!" volume 31 yang dapat aku sampaikan sebagai jawaban dari tantangan ODOP di pekan ketiga. Di lain waktu jika tidak malas aku akan mengulas buku yang berbeda dan yang lebih menarik. Akhir kata, kututup dengan menghadirkan adegan manis antara Miiko dan Tappei. 


Manisnya cerita Miiko dan Tappei.


#ODOP7
#tantangan_odop_pekan3
#review_buku
#menulis
#onedayonepost
#menulisadalahduniaku
#salam_literasi







28 komentar:

  1. Saya juga suka komik. Tp belum pernah baca yg ini. πŸ˜πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangaaann nanti ketagihan hihihi..coba baca deh, lucu2 loh ceritanya πŸ˜€

      Hapus
  2. mantap. menarik sekali untuk dibaca nih. hehe

    BalasHapus
  3. Aku tau kalau hai miiko terbit setahun sekali.. πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  4. Waah keren, detail sekali😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi komik aja ini maaakkk, belum berani ngereview buku berat

      Hapus
  5. Ah, jadi ingat dengan masa lalu, dulu yang suka banget dengan anime atau manga Naruto itu adalah adik laki laki ku, hampir tiap hari ia lihat di TV,ngoleksi kartu, mainan Naruto, dsb. Nah, mbake jadi kepo dong, malah ikut"an sukaaaaa banget dengan Naruto, hahahahhaa.. 😁😁😁😁 saat adikku udah mulai sibuk kuliah, dia melupakan Naruto, tapi mbake yang udah naik status jadi emak emak tetap menyukai Naruto.. wkwkwkwk 😁😁😁 ah jadi penisirin mbak dengan komiknya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakwakwak...biar bodi emak emak, terselip jiwa kanak kanak ya mba, gapapa, sesekali menyenangkan hati lewat komik πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  6. Kelucuan anak anak memang tiada habisnya, jadi penghibur sekaligus penyemangat orang tuanya. Sayang kalo masa masa itu terlewatkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, masa kanak-kanak memang masa-masa yang membahagiakan

      Hapus
  7. Saya sukakk bangettt ma komikkkk, kan kan jadi pengen baca ini juga😏😏😏😏🀣🀣🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan..kan..hayuk hunting, jangan lupa beli komik sinchan jugak hihihi

      Hapus
  8. Baca komik bisa dihitung pakai jari mbak, bener-bener paling nggak ada 5 komik yg sdh tak baca sepanjang hiudp, hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga ga banyak kok mba nai, jaman smp aq juga suka baca goosebumps, cerita horor yanga lumayan bikin merinding disko

      Hapus
  9. Eh walaupun udah emak emak aku juga suka baca komik lo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menyenangkan memang ya bu kalo baca komik, semacam lihat drakor wakwakwak

      Hapus
  10. Kyaaaa sumpah jadi Kangeeeennnn sama miiko aku tu

    BalasHapus
  11. Jarang baca komik kecuali Conan 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ini selain baca komikny juga lihat film kartunnya, d indos**r hihihi...seru yaa

      Hapus
  12. Aku juga sukaaa baca komik, sekarang banyak baca webtoon πŸ˜‚πŸ˜‚ imajinasi penulisnya keren2

    Mantap reviewnya 😎

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo aq suka webtoon versi drakor mba, wakakkaa
      Makasih ya mba Karis πŸ™

      Hapus
  13. Miiikoooo ... I Miss u. Dia udah nikah belum ama Tapei wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakwakwak...masi jauuuuuhhh kayaknya mba, ku berharap demikian, lalu miiko tamat dong

      Hapus
  14. Waw..penyajiannya detail..jadi inget punyaku lupa kasih identitas buku..hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masi ngasih spoiler tapi wakwakwak, padahal kata mba sakifah gabole πŸ™ˆ

      Hapus