Rabu, 16 Oktober 2019

MASAK APA HARI INI?


Sebagai ibu rumah tangga yang baik, kita pasti ingin menyajikan masakan yang lezat dan bergizi bagi keluarga. Namun tak sedikit ibu-ibu yang merasa kebingungan dengan menu apa yang akan disajikan. Pertanyaan semisal, “Mau masak apa ya?” kadangkala bersliweran di benak ibu-ibu, bahkan muncul pada malam hari sebelum mereka terlelap.

Kadangkala memang dibutuhkan suatu daftar makanan mingguan sebagai acuan agar para ibu tidak merasa kebingungan dengan menu-menu makanan. Tetapi namanya ibu-ibu, kalau sudah berbelanja terkadang suka melenceng dari daftar belanjaan (termasuk saya ya). Mau masak sayur asem, yang dibeli malah bahan untuk sayur lodeh. Hahaha. 

Berikut ini akan dibagikan beberapa menu makanan sehat dan bergizi yang menjadi favorit keluarga saya. Semoga bisa menjadi inspirasi menu bagi para ibu di grup ODOP.

1. Ayam lemon madu

Ayam lemon madu

Siapa yang tidak suka makanan berbahan dasar ayam. Rasanya yang enak bisa menambah nafsu makan anak-anak kita. Bosan dengan menu ayam yang diungkep dan digoreng? Ibu-ibu bisa mencoba mengolahnya menjadi ayam lemon madu. Cukup bagian sayap ayamnya saja yang dipakai. Kemudian celupkan sayap ayam pada celupan berbahan dasar campran tepung terigu dan air, lalu goreng sayap ayam dengan metode double fried (dua kali penggorengan). Hal ini akan membuat kriuk tepung ayamnya lebih awet. Setelah ayam diangkat, sisihkan dahulu. Di atas wajan panas, masukkan bawang putih yang telah digeprek, oseng hingga harum lalu masukkan madu secukupnya dan beri perasan jeruk lemon atau jeruk nipis. Jangan lupa tambahkan garam gula, koreksi rasanya. Terakhir masukkan ayam tepung ke dalam saos madu lemon, aduk rata. Sajikan dengan nasi hangat, pasti anak-anak akan lahap menyantapnya.

2. Nasi gurih

Nasi gurih plus lauknya

Jikalau ingin mencoba nasi dengan rasa yang berbeda. Cobalah sulap nasi putih biasa menjadi nasi gurih. Rasa nasi yang gurih dijamin membuat ketagihan anggota keluarga yang menyantapnya. Cara masaknya juga mudah. Cuci bersih beras putih seperti biasanya. Lalu dalam panci masukkan campuran air santan dan bumbu halus. Bahan untuk bumbu halusnya terdiri dari duo bawang, kunyit, kemiri, ketumbar. Setelah mendidih, masukkan beras ke dalam panci berisi santan dan bumbu halus, tak lupa rempah-rempah lainnya yaitu daun salam, daun jeruk dan batang sereh. Tunggu beras hingga menjadi nasi aron. Setelah nasi menjadi setengah matang, pindah nasi tersebut ke dalam kukusan nasi atau mesin penanak nasi modern. Biarkan hingga matang kurang lebih 30-45 menit, atau nasi matang secara otomatis. Angkat dan sajikan bersama lauk favorit keluarga.

3. Sate sapi
Sate sapi

Kalau sate ayam sudah terlalu umum, coba saja membuat sate sapi. Rasanya juga tidak kalah enak dengan sate ayam. Yang membedakan sate ayam dan sate sapi adalah pada bumbu cocolannya. Sate sapi cukup memakai cocolan kecap plus cabai rawit saja, dijamin nasi seporsi tidak cukup. Caranya, pilih bagian sapi yang tidak alot jika akan dibuat sate, misalnya bagian has dalam. Kalau ingin empuk lagi, gunakan trik membungkus daging dengan daun pepaya yang telah diremas-remas. Konon katanya pelepah daun pepaya bisa mengempukkan daging. Sebelum dibungkus dengan daun pepaya, marinasi daging sapi yeng telah dipotong kotak kecil-kecil dengan bumbu halus yang terdiri dari duo bawang, cabai besar yang telah dibuang bijinya, ketumbar, gula merah, garam, dan terasi. Simpan di dalam lemari es semalaman. Setelah disimpan semalaman, tusuk beberapa daging sapi, kemudian bakar. Sajikan dengan sambal cocolan.

4. Mie goreng tek-tek ala abang abang

Mie tek tek
Keluarga saya termasuk pecinta olahan mie. Mie goreng, mie kuah, apa saja pasti ludes. Kalau ingin membuat mie goreng tek-tek ala abang-abang, sangat mudah resepnya. Cukup siapkan bawang merah, bawang putih, kemiri, ebi kering (jika ada). Haluskan bumbu tersebut, lalu tumis. Masukkan aneka sayuran dan lauk pendamping, bisa telur, ayam, sosis, kol, sawi, tomat, dan atau tauge. Dapat pula menambahkan kecap jika suka. Jangan lupa masukkan gula garam hingga memperoleh rasa yang pas. Terakhir, masukkan mie dan aduk hingga rata. Mie goreng tek-tek siap disajikan untuk keluarga tersayang.

5. Mangut lele

Mangut lele asap
Masakan khas jogja ini juga tak kalah menggugah selera. Tak perlu jauh-jauh ke jogja kalau sedang ingin mencicipinya ya. Ibu-ibu bisa membuatnya sendiri di rumah. Siapkan lele yang telah diasap, aroma lele asap menambah kesedapan masakan ini. Namun jangan sedih kalau tidak menemukan lele asap, cukup gunakan lele segar. Siapkan bumbu halus yang terdiri dari bawang merah dan putih, cabai merah, kencur, kunyit, kemiri, dan ketumbar. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan rempah khas nusantara yaitu daun salam, daun jeruk purut, sereh, dan lengkuas. Tambahkan air sedikit dan santan. Lalu tak lupa masukkan lele asap. Setelah mendidih berikan daun kemangi segar untuk menambah aromanya. Mangut lele siap menggoyang lidah kita.

Nah itulah sebagian resep masakan yang bisa saya bagikan. Semoga resep-resep masakan tersebut dapat menginspirasi para ibu agar tidak merasa kebingungan lagi untuk menyiapkan makanan esok hari. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar