Jumat, 18 Oktober 2019

MENENGOK LOMBOK YANG ELOK




Tatkala rasa penat mulai melanda, badan terasa pegal, otot-otot jadi tegang, serta pikiran mudah ambyar, itu adalah pertanda bahwa tubuh butuh piknik. Pikiran dan jiwa kita sesekali perlu direfresh agar terhindar dari gejala stress. Maka tidak ada salahnya jika merencanakan sebuah sweet escape ke suatu tempat yang nyaman dan menenangkan. Dan wisata alam dapat dijadikan alternatif untuk memenuhi kebutuhan tersebut. 

Tidak terbantahkan bahwa Indonesia memiliki pesona alam yang begitu memukau. Bukan hanya mampu memikat wisatawan domestik saja, tetapi wisatawan mancanegara juga terpikat oleh keelokan alam negeri ini. Salah satunya adalah Pulau Lombok, pulau yang daya tarik alamnya tak kalah istimewa dengan pulau-pulau lain di Indonesia.

Salah satu sudut pantai di Pulau Lombok

Pulau Lombok yang termasuk dalam gugusan kepulauan Sunda Kecil merupakan salah satu pulau yang berada di wilayah provinsi Nusa Tenggara Barat. Ada beberapa akses untuk menuju pulau ini. Bagi para wisatawan yang ingin melancong via jalur udara, Pulau Lombok memiliki Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid yang terletak di Tanak Awu, Kabupaten Lombok Tengah. Dan bagi pelancong yang datang melalui jalur laut, Lombok juga memiliki beberapa pelabuhan untuk bersandarnya kapal-kapal.

Pantai Kuta, Pantai Senggigi, Pantai Tanjung Aan, Pantai Selong Belanak, dan Pura Batu Bolong adalah beberapa nama  pantai yang mengelilingi Pulau Lombok, yang membujur dari arah Timur hingga Barat. Lambaian pohon-pohon nyiur  disepanjang bibir pantai akan menyambut kedatangan para turis asing maupun lokal yang ke sana. Angin laut yang bertiup menguarkan aroma khas, yang sesaat mampu meredakan kegalauan hati para wisatawan. Pun juga suara deburan ombak yang seperti nyanyian alam, seolah ingin menghipnosis wisatawan agar melupakan sejenak kesibukan mereka.


Keindahan panorama alam pantai-pantai di Pulau Lombok

Jika ingin travelling ala backpacker, maka mobil angkot dan atau ojek bisa menjadi alternatif kendaraan untuk mencapai obyek wisata di Lombok. Tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk membayar jasa mereka. Cukup dengan uang Rp 50.000,00 – Rp 100.000,00/orang, wisatawan dapat menyewa ojek atau mobil angkot untuk mengantarkan mereka ke obyek  wisata alam yang diinginkan. Di sepanjang perjalanan, mata kita akan dimanjakan dengan pemandangan laut lepas yang terhampar indah. Sungguh Maha Besar Allah dengan segala ciptaanNya.


Pemandangan laut lepas yang disajikan di sepanjang perjalanan
menuju obyek wisata di Pulau Lombok

Pulau Lombok memiliki tiga kepulauan kecil yang kepopulerannya telah sampai ke telinga mancanegara juga.  Tiga kepulauan kecil tersebut adalah Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno. Gili sendiri berarti pulau dalam bahasa Suku Sasak, suku asli Pulau Lombok. Keeksotisan tiga gili ini tak kalah seronok dengan pantai-pantai yang telah tersebut di atas. Di Gili Trawangan, sebagai pulau terbesar di antara tiga gili, pengunjung dapat menjajal olahraga air seperti snorkeling, free diving ataupun scuba diving  untuk melihat keindahan taman bawah lautnya. Karena luas pulau yang terbilang kecil, tidak butuh waktu seharian untuk mengelilingi Gili Trawangan. Kendaraan tanpa bbm semisal sepeda atau andong dapat disewa untuk sekadar ingin menjelajahi pulaunya. Atau bisa juga ditempuh dengan berjalan kaki, hitung-hitung sambil berolah raga untuk melunturkan lemak-lemak tubuh. 

Kegiatan snorkeling di Gili Trawangan


Turis yang berasal dari segala penjuru dunia selalu memadati Gili Trawangan. Maka tak heran jika pulau ini seakan tidak tidur. Berbagai macam fasilitas penginapan dan restoran dari harga yang terjangkau hingga yang mewah, lengkap disediakan di sini. Tinggal menyesuaikan budget yang dimiliki oleh para wisatawan.

Pemandangan alam yang jangan sampai terlewatkan di Gili Trawangan adalah momen ketika sang surya akan kembali ke peraduannya. Rasa takjub bergetar di dada tatkala kehangatan sinarnya memancar di ufuk barat, menciptakan ketenangan batin bagi jiwa-jiwa yang membutuhkannya.

Kala sang surya kembali ke peraduan di ufuk barat Gili Trawangan

Pulau lombok juga menghadirkan wisata budaya yang diwakilkan oleh Suku Sasak di Perkampungan Sade. Perkampungan Sade sendiri berada di desa Rembitan, Pujut, Lombok Tengah.  Suku Sasak yang menghuni perkampungan ini masih menjujung tinggi adat dan budaya mereka. Para wanita suku Sasak Sade pintar menenun. Kain tenun bermotif indah hasil karya mereka dapat dinikmati di depan rumah bale, rumah adat Suku Sasak.

Gadis dari Suku Sasak yang sudah pandai menenun kain

Perkampunga Sade

Takkan lengkap rasanya jika berwisata alam tanpa mencicipi sajian makanan istimewa dari Pulau Lombok. Makanan khas pulau Lombok adalah ayam betutu yang disajikan lengkap dengan plecing kangkung dan sambal. Ada lagi sate Rembiga, sate yang memiliki cita rasa manis pedas dijamin berhasil menggoyang lidah orang yang menikmatinya. Dan satu lagi, nasi campur ala pulau Lombok atau yang lebih dikenal dengan sebutan nasi balap puyung.

Sate sapi Rembiga 

Nasi balap puyung

Seporsi nasi balap puyung berisi ayam mesere atau ayam suwir pedas, irisan kacang panjang, kacang kedelai, telur, dan keripik kentang. Jangan ditanya lagi soal rasanya, mantap jiwa. Wisatawan yang mencoba nasi ini bakal dibuat ketagihan. Semua kuliner di pulau Lombok tidak ada yang mengecewakan, rasanya yang didominasi rasa pedas akan menggugah selera para tamu yang berkunjung ke sana. 

Meskipun dipertengahan tahun 2018 lalu Pulau Lombok terguncang  gempa magnitudo, itu tidak serta merta menyurutkan pesonanya. Untuk beberapa saat Pulau Lombok seolah mati suri, namun kini Pulau Lombok mulai bangkit kembali dan berbenah. Pembangunan rekonstruksi dan rehabilitasi pasca gempa juga terus dilakukan oleh pemerintah.

So guys, jangan ragu lagi untuk menjejakkan kaki di Pulau Lombok yang eksotis ini. Segera pesan tiket hotel dan pesawat untuk trip ke sana sekarang juga. Keindahan alam dan keunikan budaya yang disuguhkan, dijamin akan membuat badan dan pikiran kita menjadi segar kembali. Selamat menengok Pulau Lombok yang elok. :)



#tantanganODOP7
#tantangan_menulis_feature_tempat_wisata
#tantangan_feature
#tantangan_pekan6
#menulisfeature

Catatan :
Maaf fotonya kurang bagus, karena external hardisk error, jadinya foto penunjang adalah hasil foto yang difoto.








10 komentar:

  1. waaahhhh menyenangkan sekali, infonya sangat lengkap. btw ini yg nulis sudah pernah kesana kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya sudah dong kakak, bagus loh pemandangannyaa
      ga kepengen ke sana tah?

      Hapus
    2. berapa ya mbak kira2 biayanya disana, sama penginapan kalo mau 1 minggu disana, mohon kalo ada detail harga pesawat

      Hapus
    3. maaf mas, bisa langsung bertanya ke travel agent terdekat, karena aq dulu travelling ala backpackeran hihihi

      Hapus
  2. Ayo ke lombok lagi mb... Gratis mutiara insya allah.. 😃

    BalasHapus
    Balasan
    1. woohh,,,asik asik, kapan2 aq ke sana lagi mba Lasmi yaa

      Hapus
  3. Semoga aku bisa ke Lombok segera ya Allah 😊🤝😍 baru bisa menikmati mutiaranya karena dikirim ol😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Allahumma amiinn mba, dijamin suweneng kalo main di pantainya, bagis banget pemandangannya

      Hapus
  4. Mantaap Mak, detail sekali. Indah sekali ya tanah leluhur kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hu um Mak, aq juga pengen ke lombok lagi, tapi entah kapan haha

      Hapus