Minggu, 13 Oktober 2019

TEMAN RASA SAUDARA

"Harta yang paling berharga adalah keluarga". Salah satu lirik dalam lagu ost film Keluarga Cemara ini mudah mengena di telinga dan memori pendengarnya. Lirik lagu berjudul Harta Berharga ini memang tepat sekali menggambarkan betapa berharganya arti sebuah keluarga.

Keluarga terbentuk bukan hanya dari pertalian hubungan darah. Namun tak sedikit juga yang awalnya hanya berteman, kemudian karena kesamaan minat, visi, atau misi akhirnya menjadi dekat dan dianggap seperti keluarga atau saudara. Suatu hubungan keluarga yang sehat juga akan tercipta karena saling membawa kebaikan satu sama lain.

Begitupun aku, aku memiliki sekumpulan teman-teman dari zaman aku SMA. Kami membentuk suatu grup yang anggotanya sudah kuanggap seperti saudara sendiri. Awalnya hanya sekedar ngobrol di grup obrolan aplikasi whatsapp, akhirnya kami memiliki jadwal rutin berkumpul tiap bulannya. Kalau sudah berkumpul, macam posyandu pindah saja, karena seluruh anggota keluarga kami ajak. Seru, ramai, riuh adalah kondisi yang bisa digambarkan ketika kami sudah berkumpul.

Banyak bahan percakapan yang dapat kami bagikan. Namyn tidak jauh-jauh dari topik parenting, ilmu agama, dan makanan. Topik terakhir yang selalu menyenangkan untuk dibahas. Maklum semua anggota grup ini suka kuliner. Dan ajang berkumpul sama dengan ajang makan-makan. Aneka makanan selalu terhidang sebagai teman berbincang-bincang, dari mulai makanan ringan sampai berat. πŸ˜‚

Bertemu dengan teman-temanku yang berasa keluarga ini selalu menyenangkan, meskipun kadang personilnya kurang lengkap. Namun selayaknya suatu hubungan, ada juga pasang surutnya. Sedikit perselisihan kadang tercipta, tetapi kami bisa melaluinya dengan baik. Kuncinya adalah kami menjaga komunikasi dengan baik, mengurangi candaan yang mengandung sara, dan saling membatu jika ada yang sedang kesusahan.

Kami berharap pertemanan yang kami jalin ini bisa bertahan hingga kelak kami menjadi aki-nini. Menjaga hubungan persaudaraan kadang tidak mudah, tetapi kami mencoba agar bisa mengatasinya. Semoga kami bisa menjadi teman  rasa saudara di dunia sampai kelak di akhirat. Allahumma amin.

20 komentar:

  1. Ada teman rasa saudara juga d ODOP...padahl sama sekali lum pernah tatap muka...Sungguh Indah nian rencana Allah

    BalasHapus
  2. Katanya sih kalo pertemanan berlanjut lebih dari 10 tahun itu namanya sahabat sejati. Eaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. in syaa allah yaa..sobat kental dunia akhirat..aseekk

      Hapus
  3. Wah..aku juga punya mba..ketemuannya bisa dikatakan jarang banget..tiap lebaran doang soalnya luar kota semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. gapapa mba, yang penting bisa keep in touch dan meet up ihihi

      Hapus
  4. Aku juga punya sahabat rasa saudara

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hu um mba, seneng gt, bisa jadi tempat curhat
      😁

      Hapus
  5. Bahkan kadang jenis teman seperti ini jauh lebih dekat di hati daripada saudara sesungguhya, hihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh iya bener mba nai..soalny saudara yg ikatan darah dah mencar2 dimana mana yaa

      Hapus
  6. Bahkan, teman rasa saudara bs melebihi saudara kandung

    BalasHapus
  7. Saudara kandungku entah apa mereka masih mempedulikanku atau tidak, tapi teman justru lebih peduli dari saudara kandungku, dan ini fakta yang aku alami, Mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lowalah mak, kok miris gitu..sabar aja ya, didoakan yg baik2 saja kepada mereka

      Hapus
  8. Semoga konstantinopel begitu kemudian aamiinn ehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. in syaa allah mba Re ya..semoga bisa kopdar yaa

      Hapus
  9. Ah, jadi kangen teman" yang ada di Blitar...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas balik blitar langsung meet up nih kayakny 😁😁

      Hapus